Internet Pusat Data Anda Bermasalah? Coba Periksa Hal Ini!

Tidak selamanya koneksi internet dapat berjalan dengan stabil, ada kalanya koneksi bisa mengalami down time atau mati. Ketika koneksi dalam keadaan downtime maka sudah dipastikan akan erjadi kesalahan fatal dalam ranah operasional perusahaan anda, ini akan mengganggu kinerja di lapangan dan menjadi sangat sulit untuk menormalisasikan operasional. Biasanya kesalahan seperti ini disebabkan oleh kesalahan manusia yang tidak teliti dalam menangani pusat data. Bahkan menurut helpful resources sebagian kesalahan dengan akurasi mencapai 80% untuk penyebab koneksi yang mengalami downtime diakibatkan oleh kesalahan manusia. Kasus ini yang mengakibatkan kerugian besar di beberapa perusahaan sehingga akhirnya mereka tidak dapat bertahan dengan pusat data yang mereka gunakan.

Adapun penyebab lain yang bisa membuat koneksi menjadi downtime adalah sebagai berikut:

1. Standa operaisonal yang buruk
Selain karena kesalahan manusia, kerusakan koneksi juga bisa disebabkan oleh standar operasional yang tidak baik. Dalam hal ini biasanya termasuk dengan prosedur kerja, SOP atau kesehatan kerja lainnya serta komunikasi antar pekerja yang kurang sehingga menyebabkan kerancuan saat akan mengelola pusat data. Hal seperti ini baiknya harus dihindari dengan segera agar tidak ada lagi yang melakukan kesalahan terkait dengan kondisi yang dapat mengancam pusat data.

2. Teknisi Anda Tidak Profesional
Kesalahan ini diletakkan pada awal saat anda melakukan seleksi terhadap calon teknisi yang akan bekerja di perusahaan anda. Ini adalah point penting sekaligus menjadi landasan dimana teknisi adalah basis pertahanan paling depan apabila koneksi mengalami downtime dan seharusnya bisa dilakukan minimalisir kesalahan apabila teknisi yang anda sewa sudah ahli dan memiliki lisensi resi serta pengetahuan yang cukup mengetahu pusat data.

3. Koordinasi Yang Buruk
Komunikasi antar pekerja adalah point yang paling penting agar koneksi tetap stabil, apabila koneksi tidak stabil dan komunikasi tidak berjalan dengan baik, jangan terkejut apabila terdapat kesalahan fatal pada pengelolaan pusat data ini. Untuk mengantisipasi kesalahan fatal maka sesama pekerja harus memiliki komunikasi yang cukup baik untk meakukan koordinasi dari segi SOP yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *